Serupa Tapi Tak Sama, Ini Bedanya Speaker Aktif dan Speaker Pasif! -->

Advertisement

Serupa Tapi Tak Sama, Ini Bedanya Speaker Aktif dan Speaker Pasif!

Admin
Friday, November 26, 2021

sumber: digitalaudio.com


Seringkali kita mendengar kata speaker tapi kebanyakan orang jarang menyebutkan speaker aktif atau pasif. Apakah Anda sendiri tahu bedanya speaker aktif dan pasif? Perbedaan antara speaker aktif dan pasir cukup signifikan. Dari istilah saja sudah sangat berbeda, ya, antara aktif dan pasif. 

Jadi, di pasaran speaker yang dijual itu memiliki fungsi yang berbeda antara satu dengan yang lainnya. Dua jenis ini diciptakan untuk memenuhi kebutuhan penggunanya. Yuk kita simak perbedaan speaker aktif dan pasif. Terutama untuk kamu yang sedang mencari tahu berapa sih harga speaker aktif sekarang, jangan-jangan kamu juga butuh sepaker pasif, jangan sampai salah beli speaker ya!

Speaker Aktif

sumber: Shopee.co.id

Speaker aktif merupakan sound sistem/speaker yang mempunyai amplifier di bagian dalamnya, sehingga membutuhkan kabel dan aliran listrik supaya amplifier tersebut dapat hidup. Biasanya daya yang ada di speaker aktif, dari kecil sampai sedang, sehingga speaker ini lebih sering ditemukan dalam kehidupan sehari-hari dibandingkan speaker pasif. Speaker aktif biasanya sudah sepaket berisi power amplifier, tweeter, woofer, dan sub-woofer. Pengaturan suara yang ada di dalam speaker jenis ini juga sebenarnya sudah diatur dari pabriknya sendiri, sehingga ada skala yang sudah tetap dalam menentukan besar atau kecilnya suara yang akan dihasilkan oleh speaker.


Apakah speaker aktif yang kamu butuhkan? Jika iya, kamu wajib cari tahu juga berapa harga speaker aktif di pasaran sekarang. Bisa cek beberapa marketplace untuk tahu harga terbaru untuk speaker aktif yang kamu butuhkan untuk pemakaian harian kamu.

Speaker Pasif

sumber: Shopee.co.id

Speaker pasif merupakan speaker yang tak mempunyai memiliki penguat suara di dalam speakernya. Sehingga dibutuhkan amplifier tambahan supaya bisa digunakan di dalam rangkaian sound system. Sinyal yang ada di speaker harus diperkuat sehingga dapat menggerakkan speaker pasif. Biasanya speaker pasif bisa ditemukan pada tata suara yang lebih besar atau kompleks. Sistem yang biasanya digunakan pada home theater merupakan satu contoh penggunaan speaker pasif. Dari sebuah amplifier didistribusikan sinyal yang dikuatkan oleh power amplifier di beberapa box speaker sesuai kebutuhan range atau sinyal produksinya misalnya side fill, surround, dan juga center. Di dalam tata suara ataupun sound system yang digunakan untuk acara outdoor pastinya membutuhkan daya yang lumayan besar dan tidak bisa dilakukan sistem speaker aktif yang outputnya memiliki daya sedang. Oleh sebab itu, digunakan sistem metode speaker pasif. Dengan menggunakan sistem ini, kita bisa menyesuaikan amplifier dan juga dengan daya output-nya. Kita juga bisa menggunakan prosesor audio dan dimasukkan sebelum tersambung ke power amplifier  lalu dialirkan ke tiap-tiap speaker. Dalam menggunakan speaker pasif, kita bisa menambah ataupun mengurangi jumlah speaker sesuai daya yang dimiliki amplifier.


Panggung yang besar biasanya menggunakan sistem line array, yaitu dengan meletakkan speaker-speaker pada tempat yang sudah ditentukan di bagian dekat panggung, lalu Front of House (FOH) mendistribusikan power ke tiap channel menggunakan mixer. 


Setelah tahu pengertian dan fungsi kedua speaker di atas, jadi sangat jelas bedanya. Satu dibuat untuk keperluan dengan pendengar berskala kecil (bisa pribadi ataupun kumpulan orang dalam jumlah yang sedikit), lalu lainnya diciptakan demi kebutuhan lapangan ataupun kegiatan di luar ruangan dengan jumlah pendengar yang jauh lebih banyak. Perangkat yang akan dibutuhkan pun lebih banyak sehingga bisa mencapai telinga pendengar walaupun jaraknya lebih jauh. 


Jadi yang kamu butuhkan speaker aktif atau pasif? Sekarang tidak bingung lagi kan dengan perbedaan keduanya secara fungsi dan tentu saja akan berbeda harganya. Sesuaikan dengan kebutuhan masing-masing untuk tahu speaker yang harus kamu beli. Cari tahu harga speaker aktif sekarang lebih mudah, ya. Bisa bandingkan harga di beberapa tempat untuk produk dengan merek atau spesifikasi yang sama.