Pemenuhan Nutrisi Anak Pada Usia Golden Age -->

Advertisement

Pemenuhan Nutrisi Anak Pada Usia Golden Age

Admin
Thursday, July 9, 2020


Anak adalah harta yang harus dijaga terutama pada usia yang rentan mempengaruhi perkembangannya kelak, yaitu pada usia 0-3 tahun. Anak pada usia ini sangat membutuhkan banyak suplemen gizi yang membantu proses perkembangan pesatnya dikemudian hari. Usia anak mulai 0-3 tahun biasa disebut masa golden age. Mengapa demikian? Karena anak menyerap banyak nutirsi sehatnya di usia ini. Memori dan segala kebutuhan tubuh anak dimulai pada rentang waktu usia ini. Dimana anak bisa berkembang lebih maju dan mampu memenuhi potensi tumbuh dengan sehat. Orang tua tidak boleh mengabaikan kebutuhan anak pada usia ini.

Biasanya pada usia ini, anak seharusnya lebih banyak mengkonsumsi ASI (Air Susu Ibu). Karena kandungan ASI pada ibu sangat memiliki berjuta manfaat, beserta fungsi ajaibnya. Anak pada masa usia golden age, akan sangat baik jika mengkonsumsi ASI secara ekslusif. Ada istilah ASI ekslusif untuk bayi yang hanya mengkonsumsi ASI saja tanpa tambahan susu formula. Manfaat ASI bagi bayi sangat banyak, diantaranya melindungi bayi dari kuman, menyediakan nutrisi lengkap untuk bayi, memberikan jaminan asupan makanan yang higienis dan aman untuk bayi, membuat bayi tumbuh dengan sehat dan cerdas, mencegah bayi mengalami diare dan malnutrisi, memperkuat ikatan (bonding), mengurangi resiko kanker pada bayi, karena usia bayi anak akan sangat rentan terkena berbagai macam virus dan bakteri yang menyebabkan anak sakit dan menghambat pertumbuhan pada bayi, membantu memberi jarak pada kelahiran, penghematan biaya, karena ASI eskslusif berasal dari pihak ibu, jadi ASI ini sangat mampu menjadi alternatif untuk pertumbuhan sehat bayi tanpa pengeluaran biaya sepeserpun. Mungkin biaya yang dibutuhkan adalah konsumsi sehat untuk ibu menyusui agar kualitas ASI yang dihasilkan juga tinggi sehingga semakin meningkatkan pertumbuhan yang dialami oleh bayi. Selain itu, ASI juga dapat berdampak pada lestarinya lingkungan, karena ASI tidak akan menghasilkan limbah apapun, jadi sangat efektif untuk segala hal.

Diluar ASI bayi pada masa golden age juga akan lebih baik lagi jika diberi tambahan nutrisi misalnya melalui susu formula. Susu formula tidak kalah bermanfaat untuk perkembangan bayi. Karena susu formula yang diracik khusus untuk bayi usia ini, mengandung segudang kebutuhan pertumbuhan untuk bayi. Pemilihan produk susu formula juga tidak boleh sembarangan, orang tua harus bisa memfilter susu formula bermerk apa yang terbaik untuk buah hatinya. Disarankan untuk para ibu menyusui atau biasa disebut busui dapat memilih produk dancow, karena produk ini mengandung zinc,kalsium juga protein beserta manfaatnya masing-masing. Orang tua tidak akan salah memilih produk ini, karena selain harganya yang terjangkau dan mudah didapatkan di hampir semua tempat, susu ini juga mampu menutrisi otak serta perkembangan tubuh pada bayi kedepannya. 

Penunjangan pertumbuhan bayi dapat diatasi dengan baik oleh kandungan susu formula ini. Pasalnya susu ini sudah terjamin kualitas serta kuantitasnya sejak dulu. Sehingga para orang tua tidak perlu bingung lagi memilih produk susu formula yang berkualitas serta baik dan layak untuk anaknya. Manfaat susu formula ini yang paling berguna untuk tubuh bayi adalah kalsium yang mampu menumbuhkan gigi serta tulang pada bayi dengan baik dan sehat. Susu formula ini juga sangat aman jika harus dikonsumsikan pada anak setiap harinya. Sehingga dianjurkan untuk diberikan pada anak usia 0-3 tahun atau usia diatasnya. Dancow sendiri juga sudah menghadirkan standar susu formula sesuai usia pada bayi atau anak.