Cara Membuat Pasir Ajaib tanpa Ribet

Advertisement

Cara Membuat Pasir Ajaib tanpa Ribet

Admin
Sunday, April 19, 2020


Dalam suasana pandemi yang seperti ini, kita semua memang harus bersabar untuk tetap tenang dan tinggal di rumah. Mulai dari para orang tua yang harus pintar membagi waktu untuk bekerja di rumah, sampai anak – anak yang sekolahnya ataupun  taman bermainnya pun jadi berada di rumah. Oleh karena itu, kreatifitas dan kesabaran orang tua sangat di uji. Untuk memberikan edukasi sekaligus sarana bermain anak – anak anda agar tetap betah di rumah, sepertinya memang tepat jika bunda harus memberinya mainan yang bisa menjadikannya sarana belajar juga. Mungkin salah satu opsinya adalah dengan membuat Pasir ajaib atau yang bisa juga disebut Kinetic sand, yang merupakan mainan edukatif berwujud 3 dimensi. Tidak harus dibeli lo, ternyata bunda bisa membuatnya sendiri dengan mudah di rumah. Berikut cara membuat pasir ajaib tanpa ribet: 

1. Persiapan bahan
Sebagai langkah awal sebelum membuat pasir ajaib, anda bisa mempersiapkan bahan – bahan yang dibutuhkan diantaranya adalah sembilan cangkir tepung, satu seperempat cangkir baby oil, cat bubuk, pewarna makanan, wewangian dan juga glitter.

2. Membagi tepung
Selanjutnya, anda bisa menuangkan tepung ke dalam mangkuk besar. Jika hendak membuat pasir dengan banyak warna, bagilah tepung ke dalam mangkuk berbeda. Jumlah mangkuk yang Anda butuhkan tergantung pada banyaknya warna yang Anda kehendaki. Keuntungan penggunaan tepung dan baby oil adalah hasilnya bisa bersih dan ringan, juga tidak terlalu menyerupai pasir.

3. Memberi warna
Setelah tepung terbagi sesuai dengan kehendak anda, anda bisa menuangkan serbuk pewarna, pewangi, atau serbuk kelap-kelip (glitter) ke dalam tepung. Jika Anda ingin menambahkan pewarna, pewangi, atau serbuk kelap-kelip, lakukan sekarang. Pastikan untuk mencampurkan bahna tersebut dengan tepung hingga merata. Beberapa serbuk yang bisa Anda tambahkan ke dalam tepung yaitu satu atau dua sendok makan serbuk cat tempera, serbuk cat air, atau serbuk kapur jika Anda hanya ingin membuat pasir berwarna. Apabila Anda menggunakan pewarna makanan berbasis minyak, sebaiknya jangan tambahkan sekarang. 

Sebagai tambahan, anda bisa memberinya sedikit campuran minuman instan, untuk menambahkan aroma sekaligus warna pada pasir. Atau mungkin dengan menambahkan sejumput rempah-rempah ataupun ekstrak seperti gula vanili, serbuk kakao, atau serbuk kayu manis jika Anda menginginkan pasir berbau harum.

4. Memberi baby oil
Setelah semua pewarna atau bahan tambahan lainnya tercampur, tuangkan 1 1/4 cangkir baby oil. Apabila anda tidak memiliki bahan pewarna atau pemberi aroma yang berwujud serbuk, anda bisa menyampurkannya dengan baby oil sebelum dituangkan ke tepung. Meskipun nantinya kotor, mengaduk langsung dengan tangan sepertinya akan lebih mudah. Atau, anda bisa melibatkan anak – anak untuk membantu mengaduknya.

5. Pasir ajaib siap di mainkan
Setelah semua bahan (pewarna, pewangi, dan serbuk kelap-kelip) tercampur merata, pasir ajaib siap dimainkan oleh anak - anak. dan mainkan. Bunda bisa memberi contoh terlebih dahulu dengan membuat bentuk bulan, istana atau hewan-hewan misalnya supaya diikuti oleh putra putrinya. Meskipun bahan ini hampir semuanya organik, bunda harus tetap berhati-hati ya, jangan sampai pasir ajaib nya tertelan oleh anak anda. 

Setelah anak-anak selesai memainknnya, simpan pasir ajaib di wadah kedap udara. Biasanya memiliki daya tahan hingga satu atau dua bulan, oleh karena itu hendaknya simpan adonan ini di dalam wadah kedap udara di tempat yang dingin dan kering, bisa menggunakan tempat penyimpanan makanan atau di kotak mainan anak. Mudah kan cara membuat pasir ajaib, Bunda?