Ajarkan Si Kecil Mengenai Manfaat Berpuasa untuk Melatihnya Ikut Puasa Tahun Ini -->

Advertisement

Ajarkan Si Kecil Mengenai Manfaat Berpuasa untuk Melatihnya Ikut Puasa Tahun Ini

Admin
Saturday, April 18, 2020


Ingin si kecil ikut puasa di Ramadhan tahun ini? Anda jangan hanya menyuruhnya apalagi memaksanya saja karena jika berpuasa tidak diikuti dengan niat yang tulus, puasa akan terasa berat. Agar si kecil mau dengan sendirinya menjalankan ibadah puasa atau setidaknya belajar berpuasa terlebih dahulu, Anda harus mengajarkan pemahaman puasa, khususnya nilai puasa dan manfaatnya. Ada banyak nilai dalam berpuasa yang bisa Anda kenalkan pada anak khususnya nilai sosial. Dengan berpuasa, anak dapat memahami penderitaan orang lain yang kekurangan sehingga diharapkan nantinya ia akan berjiwa sosial dan memiliki empati pada orang lain.

Selain menerapkan nilai berpuasa, Anda juga bisa menerangkan apa saja manfaat berpuasa bagi umat muslim dan manusia secara keseluruhan. Perlu referensi? Berikut ini adalah manfaat-manfaat puasa yang akan mudah dipahami anak-anak:

1. Melatih kedisiplinan.
Puasa akan melatih kedisiplinan seseorang termasuk anak-anak untuk mengikuti peraturan seperti bangun di waktu sahur dan tidak makan minum selama berpuasa.

2. Melatih kejujuran.
Anak juga akan dilatih untuk selalu jujur meski tidak ada yang melihat.

3. Melatih ia bangun untuk sholat malam.
Sebelum makan sahur, ajak anak untuk ikut sholat tahajud meski sesekali saja.

4. Meningkatkan kebersamaan.
Ajarkan padanya bahwa dengan datangnya bulan puasa, kebersamaan akan lebih sering tercipta jika berpuasa. Misalnya makan sahur dan buka bersama, sholat tarawih bersama hingga mengaji bersama kawan-kawan seusianya di masjid.

5. Meningkatkan ibadah.
Puasa sendiri adalah ibadah wajib bagi mereka yang sudah cukup umur. Meski masih anak-anak namun mereka juga perlu latihan sehingga nantinya bisa melaksanakan puasa dengan baik.

Dengan memberikan pengertian mengenai puasa, Anda bisa berharap lebih agar anak melakukan puasa dengan kemauannya sendiri sehingga dijalankan dengan lebih mudah. Melatih keikhlasan juga akan membuat si kecil menyukai berpuasa untuk dijalankan setiap tahunnya selama Ramadhan. Selain tips membuat anak ikhlas berpuasa tersebut, Anda juga bisa membaca informasi lainnya seputar Ramadhan di EF Adults blog yang berisi banyak informasi menarik dan bermanfaat.