Mengenal Rontgen Dada di SehatQ.com

Advertisement

Mengenal Rontgen Dada di SehatQ.com

Admin
Friday, February 7, 2020


Bagi Anda yang belum mengenal apa itu rotgen dada, yuk simak ulasannya di SehatQ.com. Rontgen dada atau yang juga sering disebut sebagai rontgen thorax merupakan pemeriksaaan dengan menggunakan radiasi gelombang elektromagnetik yang fungsinya adalah untuk menampilkan gambaran pada bagian dalam dada. Dengan melalui rontgen dada maka Anda dapat melihat gambaran pada jantung, saluran pernapasan, paru-paru, serta bagian pembuluh darah dan nodus limfa. Dalam hal ini rontgen dada juga dapat menunjukkan dada dan tulang belakang mulai dari tulang rusuk, tulang payudara, serta tulang selangka dan bagian atas tulang belakang. Pada umumnya rontgen dada dilakukan guna menemukan masalah yang terdapat pada bagian dada. 

Kondisi yang Dapat Dilihat Melalui Rontgen Dada

Rontgen dada merupakan salah satu peralatan dibidang medis yang cukup canggih, pasalnya dengan alat ini kita dapat melihat berbagai masalah yang terjadi pada tubuh khususnya bagian dada. Berikut adalah beberapa masalah yang dapat kita deteksi dengan menggunakan rontgen dada:

1. Masalah jantung yang berhubungan dengan paru-paru
Rontgen merupakan peralatan yang dapat menunjukkan adanya perubahan atau masalah yang terdapat pada paru-paru Anda yang mana masalah tersebut berasal dari jantung. Masalah tersebut seperti cairan dalam paru-paru (pulmonary edema) yang merupakan masalah yang disebabkan oleh gagal jantung kongestif. 

2. Masalah paru-paru
Dalam hal ini  rontgen dada juga dapat berfungsi untuk mendeteksi adanya infeksi, kanker, atau pengumpulan udara yang terdapat pada ruang disekitar paru-paru (pneumothorax). Dalam hal ini pemeriksaan dapat menunjukkan kondisi kronis paru-paru mulai dari emfisema atau cystic fibrosis dan juga kompleksi yang berhubungan dengan kondisi tersebut. 

3. Ukuran serta bentuk jantung
Rontgen dada juga dapat berfungsi untuk mendeteksi ukuran serta bentuk jantung. Dalam hal ini ukuran dan bentuk jantung yang berubah dapat menjadi salah satu pertanda adanya penyakit gagal jantung, adanya masalah pada katup jantug, atau masalah cairan yang berada disekitar jantung. 

4. Patah tulang
Rontgen dada memang merupakan peralatan yang seringkali digunakan untuk mendeteksi adanya patah tulang khususnya pada bagian tulang rusuk atau tulang belakang. 

5. Deposit kalsium
Dalam hal ini rontgen dada dapat digunakan untuk melihat adanya kalsium yang terdapat pada jantung atau pembuluh darah. Sebab adanya masalah pada kalsium dalam jantung dapat menjadi salah satu pertanda adanya kerusakan yang terdapat pada rongga janung, otot jantung, arteri koroner, serta kantong pelindung yang mengelilingi jantung. Adanya deposit kalsium dalam paru-paru ini berasal dari infeksi lama yang sebelumnya belum sembuh secara total. 

Tahap Penggunaan Rontgen Dada

Penggunaan rontgen dada pada umumnya dilakukan untuk memeriksa adanya penyakit pada jantung atau paru-paru. Dalam hal ini rontgen dada akan digunakan apabila pasien mengalami beberapa gejala mulai dari batuk berdarah, batuk membandel, kesulitan bernafas, nyeri pada dada yang diakibatkan oleh cidera atau disebabkan pada masalah jantung, demam, pasien yang mengalami gejala-gejala tuberkolosis, penyakit dada atau paru-paru, kanker paru-paru, dan sebagainya. 

Nah sebelum melakukan proses rontgen dada, pada umumnya pasien akan diminta untuk menanggalkan pakaian dan mengenakan pakaian khusus untuk pemeriksaan. Selain pakaian, perhiasan, peralatan gigi, kacamata, serta benda-benda logam juga perlu dilepaskan. Setelah itu pasien akan diminta untuk berdri menghadap plat rontgen guna pengambilan gambar. Pada proses pengambilan gambar rontgen pada umumnya pasien juga akan diminta untuk tidak bergerak bahkan diminta untuk menahan napas sejenak.