Beberapa Ciri Music Jazz Yang Harus Anda Tahu -->

Advertisement

Beberapa Ciri Music Jazz Yang Harus Anda Tahu

Admin
Sunday, February 3, 2019


Para pecinta music jazz  pastinya sudah tidak asing lagi dengan Ciri music jazz. Tetappi mungkin bagi beberapa orang yang belum begitu mengenal music jazz mereka tidak mengetahui secara menyeluruh mengenai music jazz. Maka dari itu kali ini kita  akan membahas mengenai berbagai hal yang berhubungan dengan music jazz terutama mengenai ciri cirinya. 

Mungkin dahulu music jazz itu identic dengan para orang tua tetapi perlu diketahui bahwa seiring dengan perkembangan zaman. Sekarang ini telah banyak band band yang bermunculan dengan membawakan genre music jazz. Perlu diketahui bahwa music jazz sendiri merupakan jenis music yang dikembangkan pertama kali oleh orang afrika-amerika dan lahir di abad ke 19. 

Muski jazz ini merupakan pembaharuan antara beberapa genre music seperti blues, brass band, music tradisional eropa, irama-irama asli afrika dan ragtime. Instrument yang sering digunakan untuk mengiringi music jazz diantaranya seperti bass, piano, gitar, saksofon, trombone, trompet dan drum. Seiring dengan berjalannya waktu sekarang ini music jazz mulai digemari dan banyak dimainkan di berbagai negara di seluruh dunia.

Jazz Music Archives (foto: Mike Asimos)
Bahkan music jazz ini juga sangat ppopuler di indonesia dari awal kemunculannya hingga saat ini. music jazz sendiri mulai populer sejak tahun 1920 tetapi perlu diketahui bahwa popularitas dari music jazz ini sempat menurun karena kemunculan beberapa genre music seperti music rock, blues dan pop. Kemunculan beberapa genre music tersebut sempat membuat music jazz terpuruk.

Tetapi beberapa musisi  music jazz mulai bangkit dan membuat music jazz kembali bersinar dikancah permusikan tanah air. Beberapa musisi music jazz yang cukup terkenal di tanah air seperti ivan nestorman, gilag Ramadhan, ermi kulit, syahrinidan yang lainnya adalah pelopor kebangkitan music jazz di indonesia.  Bagi anda yang ingin tahu menngenai music jazz maka berikut ini adalah beberapa Ciri music jazz yang perlu anda ketahui 

1. Improvisasi
Perlu diketahui bahwa improvisasi merupakan salah satu hal wajib dalam music jazz yang ada pada setiap lagu yang dibawakan. Dengan menggunakan nada improvisasi maka lagu tersebut bisa dikategorikan sebagai aliran jazz. Contohnya seperti apabila lagu yang di bawakan dengan nada tinggi di tengah maupun akhir pada nada lagu maka kunci gitar yang mengiringi lagu tersebut lagu akan naik juga.

2. Bluetonality
Perlu diketahui bahwa bluetonality merupakan sejenis irama yang lebih mirip dengan nada blues. Hal tersebut disebabkan karena pada mulanya music jazz ini adalah berasal dari music blues.

3. Syncopation
Perlu diketahui bahwa syncopation ini merupakan ciri music dengan nada up tempo atau juga tempo nada yang tinggi. Syncopation ini lebih banyak digunakan untuk arransemen lagu lagu modern.

4. Swinging
Mungkin banyak dari anda semua yang masih asing dengan istilah satu ini. perlu diketahui bahwa swinging merupakan irama yang treasa mengayun atau bisa disebut dengan nada cengkok yang enak di dengar.

5. Vocal dan lirik
Perlu diketahui bahwa vocal dan lirik ini cenderung di anggap sebagai bagian dari bunyi instrument yang cukup rumit karena memiliki totalitas yang luas dan sering terjadi modulasai. 

Itu tadi beberapa Ciri music jazz yang pastinya bisa berguna untuk menambah pengetahuan dan wawasan anda mengenai dunia music. Pastinya apapun jenis musiknya jika anda memainkannya dengan sungguh sungguh maka akan menghasilkan music yang enak di dengar.