Penyebab Alergi Dan Cara Mencegah Alergi Anak

Advertisement

Penyebab Alergi Dan Cara Mencegah Alergi Anak

Admin
Tuesday, June 25, 2019


Kesehatan anak sejak dini memang sudah semestinya diperhatikan oleh para orang tua.  Karena usia anak anak sangat rentan terhadap yang dinamakan dengan penyakit mupun sakit. Salah satunya yang paling sering terjangkit pada anak anak yakni alergi anak. Anak anak balita biasnya mudah sekali terserang alergi pada kulit mereka yang tergolong masih sangat rentan atau sensitif. Pada umumnya ada beberapa hal yang dapat menyebabkan anak anak mengalami alergi dan mudah sakit, diantaranya sebagai berikut.

Salah satu masalah yang membuat alergi anak yakni masalah kekebalan tubuh. Kekebalan tubuh yang mengalami penurunan berlebihan dapat membuat anak menjadi mudah terserang penyakit. Ikatan Dokter Indonesia menyatakan jika saluran cerna anak sekitar 80 persen sel yang menghasilkan antibioti. Saluran cerna pada anak ini berfungsi dalam melindungi pertahanan terdepan untuk menghadapi mikroorganisme patogen. Juga mengatur pertahanan untuk menghadapi tubuh agar lebih toleran terhadap alergen. Namun, jika kekebalan tubuh seseorang menurun juga bisa membuat kondisi anak menjadi lebih mudah dan rentan terhadap penyakit.

Kemudian penyebab lain yang bisa mengakibatkan alergi anak salah satunya yakni paparan lingkungan. Lingkungan merupakan tempat berkembangknya virus dan bakteri. Virus serta bakteri ini dapat mengganggu kesehatan anak anak. Dan biasanya yang paling mudah tertular adalah anak balita. Karena jikan salah satu diantara mereka terserang virus atau kuman bisa menulari ke yang lainnya. Hal ini sudah saatnya memerlukan pemberantasan. Ada juga yang diakibatkan karena infeksi. Infeksi diakibatkan oleh virus. Namun, sebagai orang tua yang memperhatikan kondisi kesehatan anaknya tidak harus kawatir berlebihan. Karena ada beberapa tips yang bisa anda gunakan untuk menjaga si buah hati dari yang namanya alergi. Adapun beberapa tipsnya seperti berikut,  memberikan makanan yang mengandung banyak gizi. Masa kanak kanak merupakan masa yang bagus untuk pertumbuhan. Dan karena itu untuk menjaga pertumbuhan anak ada baiknya dengan memberikan makanan yng memiliki banyak serat juga gizi. Agar pertumbuhannya semakin optimal.

Alergi anak bisa diatasi dengan melakukan pencegahan dini. Selain masalah makanan yang bergizi namun juga masalah kebersihan. Pastikan tempat makan anda bebas dari kuman. Atau menjaga kebersihnnya dengan baik. Ini sangat penting bagi anda untuk menjaga kebersihan si buah hati. Mulai dari mengajarinya kebersihan untuk membersihkan sisa sisa makanan yang ada di piring kotor. Mencucinya, mencuci tangan hingga bersih setiap selesai makan. Membersihkan kesehatan badan seperti gosok gigi, mencuci kaki setiap mau tidur. Tidak mengkonsumsi makanan yang sembarangan. Biasanya para orang tua membiarkan berbagai jenis makanan masuk ke mulut anak anak. Padahal bisa saja penyebab penyakit ada pada makanan yang dikonsumsinya.

Oleh karena itu, biasakan pada si kecil agar selalu makan makanan yang terjamin kebersihannya. Untuk kemungkinan terserang resiko penyakit kecil. Orang tua memang harus selalu waspad akan kondisi kesehatan anak anak. Agar kuman bakteri menjauh dari jangkauan anak anak. Terakhir yakni latih anak agar senang melakukan gerak. Melakukan gerak di usia masih dini bisa mempertahan daya fisiknya makin kuat. Anak anak bisa melakukan gerakan minimal setengah jam seperti berayun, berlari, berjalan, hingga bermain di luar. Jangan takut jika anak terkena kotoran karena itu lebih baik. dengan bergerak dapat membuat aliran darah anak lancar dan terhindar dari obesitas. Mudah kan! Biasakan sejak dini semua demi kesehatan anak.