Tips Cerdas Menjadi Agen Jual Beli Rumah yang Sukses


Kini bisnis properti seperti jual beli rumah semakin menjanjikan, itu pula yang mendukung para pebisnis beralih ke bisnis ini. Tak heran memang, ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan oleh pelaku bisnis properti ini. Bahkan jika tekun mendalaminya, keuntungan bisa lebih besar dari gaji bulanan para karyawan. Meskipun keuntungannya besar, tapi untuk menjadi agen properti yang sukses bukan hal yang mudah. 

Ada beberapa hal yang perlu anda pelajari ketika baru mengawali bisnis jual beli rumah murah. Selain mempelajari kiat-kiat dan trik-trik dalam bisnis, anda pun perlu mempunyai sikap yang baik agar bisa bertahan. Sebab, ada banyak persaingan dan pastinya mereka juga cara khusus untuk bisa sukses. Oleh karena itu, anda juga mesti mempunyai senjata tersendiri agar bisa sukses menjalankan bisnis jual beli rumah. Nah, di bawah ini adalah tips cerdas memulai bisnis agen jual beli rumah agar sukses yang dirangkum dari Kompas.com

Buat perencanaan dan perhitungan yang jelas

Meskipun hanya seorang agen jual beli rumah, tapi anda tetap optimis jangan pandang remeh profesi ini. Karena semua pekerjaan yang sukses itu dimulai dari bawah. Jika anda menjalankan bisnis dengan sungguh-sungguh maka akan sukses dan mendapatkan banyak keuntungan. Maka dari itu, anda perlu melakukan perencanaan tentang bisnis ini. Sediakan setidaknya 3 rencana, sehingga jika planning satu gagal, anda bisa langsung beralih ke planning berikutnya. 

Selain itu, lakukan perhitungan secara jelas. Anda harus menghitung berapa modal anda untuk membeli rumah dan biaya-biaya lainnya. Setelah itu, tentukan keuntungan yang harus anda ambil. Pastikan untungnya bisa melebihi semua biaya yang anda keluarkan dan tidak terlalu banyak. Bisnis yang baik itu juga memikirkan pelanggan. 

Beri kesan yang baik

Ketika anda melayani setiap customer baik itu orangnya pendiam maupun bawel, tetaplah bersikap seramah mungkin. Anda harus memberikan kesan yang baik pada setiap orang. Jika sering membantah, maka beri tahu dia dengan sabar dan tahan emosi anda. Karena dari tingkat kesabaran dalam menghadapi customer itulah nyawa bisnis anda. Itu adalah bagian dari pelayanan prima.

Manfaatkan teknologi

Sekarang sudah sangat maju, anda tak perlu pergi ke luar rumah untuk mengetahui harga jual beli rumah. Anda bisa mencari tahu harga jual atau belinya melalui situs properti. Selain itu, anda pun bisa memanfaatkan situs tersebut untuk memasarkan jasa anda. Melalui situs itu juga, anda bisa menentukan harga jual atau beli yang tepat. 

Jangan lupakan pula tentang media sosial, manfaatkan media sosial anda untuk mempromosikan jasa anda. Ikuti berbagai grup properti di facebook, posting di twitter hingga instagram. Pokoknya promosi semaksimal mungkin, jika perlu daftar untuk mengiklankan postingan anda itu. Intinya adalah manfaatkan semaksimal mungkin teknologi. 

Bangun relasi seluas-luasnya

Menjadi agen jual beli rumah harus bersabar dan terus menambah koneksi. Anda perlu memiliki jaringan yang luas supaya bisnis anda berkembang. Bertemanlah dengan siapa saja, jangan hanya memilih teman yang berpotensi menguntungkan saja. Tapi, bertemanlah dengan semua orang karena siapa tahu mereka ikut menawarkan jasa anda. 

Selain itu, anda pun perlu membangun relasi dengan orang-orang yang sudah berkompeten di bidang properti. Ikuti cara mereka menjadi sukses dan belajarlah dari mereka. Jangan sungkan bertanya, jangan malu untuk diberikan kritik dan saran. Semakin anda mau belajar, mau menerima kritik dan saran serta mau berteman dengan siapa saja, maka kemungkinan besar bisnis anda sukses dalam waktu cepat. 

Kembangkan keahlian anda

Jadilah orang yang terus belajar dan jangan pernah menyombongkan diri. Asahlah kemampuan anda dan kembangkan semaksimal mungkin. Entah itu dalam hal berkomunikasi, bernegoisasi serta membangun bisnis jual beli rumah sesuai harapan customer dan lainnya. Dengan mengasah keahlian, anda akan semakin mahir dalam menjalani bisnis ini.

Apabila sudah mahir dalam menguasai teknik-teknik berbicara, negosiasi dan sebagainya, anda bisa dengan mudah mendapatkan customer. Sebab, selain beriklan, anda juga harus pandan mem-follow up calon penjual atau pembeli, sehingga nantinya mau bekerjasama dengan anda. Hampir semua bisnis properti, baik itu jual beli rumah maupun jual beli apartemen. 

Jaga profesionalisme

Setiap orang mempunyai mood yang berbeda-beda setiap waktu dan itu terkadang bisa mempengaruhi cara anda dalam bersosialisasi dengan orang lain. Sehingga, mungkin anda mengatakan hal atau bersikap buruk pada orang lain. Jika mood anda sedang tidak bagus, tetaplah berusaha menutupinya. Jadilah profesional. 

Meskipun sedang banyak masalah, anda tetap bisa menjaga perasaan ketika bertemu dengan klien. Tetaplah bersikap dan melayani mereka dengan baik. Kontrol mood anda agar tidak berpengaruh pada sikap anda terhadap klien nantinya. Jika perlu konsumsi atau lakukan sesuatu supaya mood anda kembali bagus. Profesionalisme kerja sangat dibutuhkan dalam bisnis jual beli rumah atau bisnis lain juga. 

Miliki komitmen kuat

Ketika anda sudah bertekad bisnis jual beli rumah, maka harus tetap menjalaninya. Tidak peduli bagaimanapun halangannya, anda tetap berusaha melewatinya. Kerja keras, terus berupaya meningkatkan skill dan tidak putus asa walaupun masih belum menghasilkan keuntungan. Tekad yang kuat itu akan mendorong anda menjadi terus maju dan akhirnya mencapai kesuksesan.

Tips Cerdas Menjadi Agen Jual Beli Rumah yang Sukses Tips Cerdas Menjadi Agen Jual Beli Rumah yang Sukses Reviewed by Admin on April 02, 2019 Rating: 5

No comments

Silahkan berkomentar yang baik dan menarik sesuai dengan isi konten.
Komentar yang tidak diperbolehkan :

1. Berbau penghinaan SARA & PXXN
2. Komentar dengan Link hidup ( akan dianggap spam )
3. Komentar tidak nyambung dengan isi postingan

Blogger

4/Blogger/post-list