Jenis Jenis Saklar Yang Sering Digunakan

Advertisement

Jenis Jenis Saklar Yang Sering Digunakan

Admin
Thursday, February 7, 2019


Saklar merupakan sebuah alat yang sangat penting untuk dimiliki setiap orang yang memiliki fungsi dalam menyalakan maupun mematikan sebuah lampu listrik. Setiap rumah pasti memiliki saklar yang baik untuk menyalakan lampu, televisi. Sedangkan menurut definisi yang lebih dijelaskan secara umum saklar memiliki fungsi untuk menyambungkan atau memutuskan suatu rangkaian, bisa rangkaian listrik, rangkaian elektronika ataupun memiliki kegunaan yang lebih modern seperti dapat digunakan untuk digabungkan dengan peralatan lain sebagai contoh saklar elektronik atau relay. 

Selain itu fungsi lain dari saklar adalah dapat bekerja secara manual namun bisa juga dikendalikan dengan menggunakan akontrol yang lain. Lantas seperti apakah bentuk dari saklar tersebut? Ya terdapat dua jenis saklar yakni saklar kaki 3 dan saklar kaki 2 sedangkan bentunya bisa bermacam macam sesuai dengan penempatanya misalnya ada bentuk saklar dengan bentuk kotak, persegi, bulat dan masih banyak lagi yang lainnya. 

Saklar sendiri terdiri atas dua kaki namun penerapanya saja terdapat saklar dua kaki ataupun saklar dengan menggunakan  tiga kaki  sampai bahkan saklar dengan banyak kaki. Setiap saklar mempunyai fungsi dan kegunaan  yang sama  namun hanya saja dalam hal penggunaanya yang berbeda beda. Lalu apa saja jenis jenis saklar yang lain yang harus anda ketahui jika anda ingin membelinya ataupun dijadikannya sebuah referensi. 

Jenis Jenis Saklar
Sebagai alat yang digunakan untuk memutuskan dan menyambungkan sebuah aliran listrik saklar terdiri dari beberapa jenis yang bisa anda gunakan di dalam rumah anda. Pertama, saklar push button, saklar push button merupakan jenissaklar yang dapat menghubungkan aliran listrik dengan cara ditekan kemusian dilepaskan kembali dalam posisi off. Untuk saklar jenis ini dapat digunakan sebagai rangkaian elektronika dan dengan dikombinasikan rangkaian pengunci. 

Kedua, saklar toggle,  saklar toggle merupakan sebuah saklar yang digunakan untuk memutuskan ataupun menghubungkan arus listrik dengan cara menggerakkan toggle secara mekanis, untuk ukuran jenis saklat kecil pada umumnya dan digunakan dalam rangkaian elektronika. 

Ketiga, selector switch atau SS yang merupakan jenis saklar yang menyediakan posisi on dan off ada dua, tiga maupun empat dengan tipe geser atau putar. Saklar biasanya dipasang pada panel kontrol untuk memilih jenis operasi yang berbeda dan sekaligus rangkaian yang berbea juga. 

Keempat, saklar mekanik merupakan sebuah saklar yang digunakan dengan kelebihan automatisasi atau juga bisa disebut sebagai proteksi rangkaian. Saklar mekanik  ini secara otomatis akan on atau off melalui proses parameter misalnya tekanan atau temperatur. Saklar dengan tipe mekanik terdiri atas beberapa jenis antara lain ; limit switch, presurre switch serta temperature switch biasanya digunakan pada alat penanak nasi atau magic com.

kelima, limit switch termasuk tipe saklar yang biasaya digunakan di industri. Cara penggunaanya pun dengan memutar tuas setelah mendapatkan tripping sirip wobber. Selanjutnya temperature switch yang digunakan berdasarkan perubahan temperature. Saklar dengan jenis tersebut terdapat dua komponen yakni bagian yang bergeser yang digerakkan oleh tangan. 

Selanjutnya, saklar flow switch adalah sebuah saklar yang digunakan untuk mendeteksi perubahan aliran gas atau cairan dalam pipa. Dengan ciri jika cairan yang terdapat dalam pipa tidak ada makan tuas sedang bergerakoleh adanya tekanan pada sebelah kanan maupun kiri piston. Nah pada saat itu alran piston akan bergerak serta berubah untuk dapat memutuskan rangkaian atau bahkan menyambungkanya.