Slider

Recent Tube

Business

Technology

Backlink

Blogger

Tips

Informasi

» » » » » » Praktis Dan Mudah, Inilah Tutorial Blog Untuk Pemula


Anda tentunya sering berselancar di dunia maya bukan? Baik ketika menggunakan search engine seperti google atau sekedar nongkrong di sosial media. Nah, anda pasti sering menemukan artikel yang diposting di blog, topiknya bermacam-macam, ada yang berkaitan dengan kesehatan, fashion, lifestyle, hingga teknologi terbaru. Seperti itulah gambaran sederhananya mengenai blog.

Kegiatan menulis bisa semakin tersalurkan seandainya anda tertarik ke dalam dunia blog. Apa saja yang terlintas di pikiran, bisa dituangkan ke dalam bentuk tulisan di blog. Tapi, apakah semudah itu? Memang mudah, anda tinggal menentukan topik apa yang akan diangkat di dalam blog itu. Sebaiknya topik suatu blog tidak campur aduk, agar para pembaca merasa nyaman. Hal itu juga menjadi personal branding dari blog yang akan kita sukseskan. 

Praktis Dan Mudah, Inilah Tutorial Blog Untuk Pemula
Anda mungkin bertanya, bagaimana tutorial blog untuk pemula? Sebagai pemula mungkin merasakan kebingungan dari mana harus memulainya. Tutorial blog untuk pemula yang singkat ini bisa menjadi modal awal. 

Pertama, Tentukan Topik.
Seperti yang telah disinggung di atas, topik blog menjadi sangat penting. Agar blog anda dikenal orang, maka kejelasan topik harus benar dan tidak berantakan. Buatlah blog dengan topik yang bisa menarik perhatian orang. Kuasai secara mendalam, sehingga isi blognya semakin berkualitas.

Kedua, Platform Blog Yang Tepat.
Ada 3 pilihan platform yang paling populer saat anda akan memulai menulis di blog, yakni blogspot, wordpress.com dan wordpress.org. Jika tidak ingin mengeluarkan biaya, maka blogspot dan wordpress.com menjadi pilihannya. Kelemahannya, fitur dan tampilan blognya terbatas. Nama blognya sendiri sudah diatur, seperti: namabloganda.blogspot.com atau namabloganda.wordpress.com 

Sedangkan, jika menggunakan wordpress.org, anda siapkan saja modal untuk membeli domain dan hosting. Harganya berbeda-beda, tergantung penyedia domain dan hostingnya. Platform ini memungkinkan anda mengubah tampilan dengan leluasa dan fiturnya bisa disesuaikan dengan keinginan. 

Ketiga, Menentukan Nama Domain
Tentukan nama domain sejak awal sebelum anda membeli domain berbayar atau yang gratisan. Sesuaikan dengan topik yang akan dibahas dalam blog, usahakan nama domain mudah diingat. Kalau bisa, gunakan domain .com karena domain ini jauh lebih terkenal. Meskipun sebenarnya banyak juga domain yang bagus seperti .org, .id, .net. Mengapa demikian? Orang awam seringkali salah menulis domain, seharusnya .net malah menulis .com. Itulah mengapa dianjurkan menggunakan domain .com.

Tutorial blog untuk pemula ini cukup mudah, jika ketiganya sudah anda laksanakan, anda bisa memulainya. Buang jauh anggapan bahwa nulis di blog itu sulit, ribet atau memusingkan. Seiring berjalannya waktu, anda akan memahami dan merasakan betapa asyiknya menulis d blog. Semoga Bermanfaat. 

«
Next
This is the most recent post.
»
Previous
Older Post

2 Comments:

  1. Terima kasih atas informasinya.. saat ini saya lagi mencari penyedia blog gratis selain blogspot dan wordpress

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar yang baik dan menarik sesuai dengan isi konten.
Komentar yang tidak diperbolehkan :

1. Berbau penghinaan SARA & PXXN
2. Komentar dengan Link hidup ( akan dianggap spam )
3. Komentar tidak nyambung dengan isi postingan