Penyedia Layanan Blog Gratis Selain Blogspot dan Wordpress -->

Advertisement

Penyedia Layanan Blog Gratis Selain Blogspot dan Wordpress

Admin
Thursday, August 17, 2017

Entah berapa banyak tempat atau situs yang menyediakan layanan untuk membuat blog di Internet. Anda bisa mencoba seluruh layanan blogging tersebut secara gratis. Hanya mungkin sebagian dari kita hanya mengenal platform blog gratis dari Blogger (blogspot) dan Wordpress. Sebenarnya, masih banyak situs lain yang juga menyediakan layanan blog gratis. 

Penyedia Layanan Blog Gratis Selain Blogspot dan Wordpress
Adanya layanan blog gratis ini memudahkan para blogger pemula untuk beraksi membuat karya tulisan atau yang lainnya. Tak perlu binggung, ini benar-benar gratis tanpa harus mengeluarkan biaya. Ya anda tinggal bermodalkan laptop dan akses internet. Yuk simak ulasan penyedia layanan blog gratis selain blogspot dan wordpress di bawah ini.

1. Mywapblog
Layanan blog gratis ini dibuat oleh orang India yang bernama Arvind Gupta. Mungkin Ia sudah tidak asing lagi bagi para pengguna layanannya karena sering terlibat obrolan langsung lewat chatroom. Jika anda memiliki target pengunjung blognya dari pengguna smartphone, maka layanan ini bisa dipilih karena desain template mywapblog sangat mobile friendly. 

2. Blog.com
Blog ini memiliki keunikan tersendiri, yakni subdomain yang ekslusif (.blog), sehingga nanti nama blognya menjadi namabloganda.blog.com. Selain itu, beberapa blog dari para penggunanya akan ditampilkan di halaman depa situs blog.com 

3. Tumblr
Situs mikroblog ini dibuat oleh David Karp, kemudian dikembangkan oleh Yahoo Inc. Jika anda memiliki topik blog mengenai wallpaper, sebaiknya menggunakan layanan tumblr. Situs ini dari desainnya sendiri sangat menonjolkan gambar. Kelebihan dari Tumblr yakni tersedianya layanan media sosial, jadi selain menulis di blog, anda bisa chatting dengan teman melalui tumblr. 

4. Blogdetik
Dari namanya saja sudah bisa dikenali, sebagai orang Indonesia sudah sepatutnya kita merasa bangga. Inilah penyedia layanan blog gratis lokal. Blogdetik merupakan produk lokal yang dikembangkan oleh Detikcom. Hingga kini, pengguna layanan blogdetik telah mencapai ribuan pengguna di seluruh Indonesia. Mayoritas penggunanya adalah masyarakat Indonesia, jadi nge-blog di blogdetik lebih seru dan mengasyikkan. Server yang digunakan yakni server lokal, sehingga mengakses situs yang dihosting oleh Blogdetik terasa lebih cepat. 

Sengaja layanan blog gratis dari blogspot dan wordpress tidak dibahas pada artikel ini dikarenakan kedua layanan itu sudah dikenal banyak netizen. Selain itu, artikel ini mencoba memberikan alternatif lain jika anda ingin blog gratis selain blogspot dan wordpress. Semua layanan tentunya memiliki keunggulan dan kelemahan masing-masing, anda bisa memilih dan menentukannya sendiri. Semoga Bermanfaat.