Kredit Mobil Bekas Bikin Untung Atau Buntung? -->

Advertisement

Kredit Mobil Bekas Bikin Untung Atau Buntung?

Admin
Sunday, April 19, 2020


Pengguna mobil di Indonesia setiap tahunnya semakin banyak, hal ini dapat dilihat dengan bertambah macetnya kondisi jalan raya. Salah satu yang menjadi penyebabnya adalah mudahnya fasilitas cicilan jangka panjang ditambah adanya DP ringan. Kemudahan itu lah, yang membuat orang – orang sering berganti mobil sesuai trend nya. Namun, bagi anda yang masih awam dan belum pernah sama sekali membeli mobil pasti bingung untuk membeli mobil bekas atau baru? Dengan cara kredit ataupun tunai? Sepertinya kebanyakan orang memilih membelinya melalui jalan kredit mobil bekas. Kira – kira apa ya yang membuat mereka melakukan demikian? Berikut kami sajikan kelebihan membeli mobil bekas dengan cara kredit .

1. Langsung dipakai
Ketika membeli mobil baru, anda belum bisa langsung menggunakannya untuk berkendara. Karena Anda harus menunggu berminggu-minggu atau sampai  berbulan-bulan agar  surat serta kelengkapan lainnya selesai diurus. Ini akan menjadi masalah baru bagi Anda yang akan menggunakan mobil segera. Apabila anda membeli mobil bekas, seluruh surat dapat langsung anda dapatkan ketika melakukan pelunasan. Selanjutnya, Anda hanya perlu melakukan balik nama untuk kelancaran pembayaran pajak di kemudian hari. Bukan hanya surat-surat yang telah tersedia, anda pun tidak perlu menunggu stok mobil dari pabrik. Cukup dengan datang langsung ke showroom atau kepada pemilik sebelumnya, mobil bisa langsung anda bawa pulang dan anda gunakan saat itu juga.

2. Kualitas bagus, harga murah
Semakin banyaknya merek mobil - mobil keluaran baru, jumlah mobil bekas pun juga ikut bertambah. Kebanyakan, kondisi mobil bekas tersebut masih bagus, baik dari segi mesinnya, eksterior, ataupun interiornya. Kondisi barang yang hampir menyerupai baru dengan harganya yang murah, menjadi salah satu alasan mobil bekas dipilih bagi para pembeli. Namun, tidak semua mobil bekas masih dalam kondisi bagus, sebaiknya Anda menggunakan jasa profesional untuk mengecek kondisi mobil bekas yang anda minati sebelum melakukan pembelian.

3. Pinjaman kredit mudah didapatkan
Bukan hanya kredit mobil baru, sekarang juga semakin banyak bank atau lembaga pembiayaan yang memberi tawaran berupa fasilitas cicilan mobil bekas. Harga mobil bekas yang lebih murah daripada baru, membuat Anda mendapatkan pinjaman dengan lebih mudah pula. Uang muka serta angsuran biaya yang dikluarkan per bulan pun juga lebih ringan, karena tingkat bunganya yang lebih rendah. Pembiayaan kredit mobil bekas bisa dilakukan dengan jangka waktu mulai dari satu tahun.

4. Nilai Penyusutan Rendah
Keuntungan membeli mobil bekas lainnya adalah memiliki penyusutan nilai harga lebih rendah. Pada umumnya, sebuah mobil akan mengalami nilai penyusutan kurang lebih 15% hingga 25% setelah pembelian selama lima tahun. Ini berlaku untuk mobil baru dan bukan pada mobil bekas. Apabila Anda membeli mobil bekas, harganya untuk dijual kembali akan lebih stabil. Ketika akan menjualnya di kemudian hari, anda tidak akan rugi karena mengalami nilai penyusutan lebih kecil atau mungkin bisa menjualnya lagi dengan harga kurang lebih sama.

5. Cocok digunakan Berbisnis
Bagi pemilik bisnis rental mobil atau yang berhubungan dengan iitu, membeli mobil bekas dengan jumlah banyak akan sangat menguntungkan daripada membeli mobil baru. Uang yang perlu Anda gunakan menjadi lebih sedikit. Ditambah lagi jika membeli dalam jumlah banyak, biasanya penjual akan memberikan diskon khusus dan harganya pun jadi lebih ekonomis.

6. Pilihan Lebih banyak
Anda memiliki pilihan yang lebih beragam, mulai dari merek mobil, jenis, tipe, tahun keluaran, sampai harganya. Anda jadi lebih leluasa dalam memilih mobil bekas menyesuaikan budget serta kebutuhan.

Jadi, jika anda bijak dan cermat dalam menggunakan uang serta memilih barang tentunya melakukan kredit mobil bekas akan lebih menguntungkan daripada membeli mobil baru dengan harga yang jauh lebih selangit serta proses yang cukup lama.

Terima kasih sudah membaca artikel ini, mudah-mudahan apa yang diberikan di sini bisa berguna untuk kalian yang sedang berencana memiliki mobil.